Latest News

Info Cara Mempromosikan Project / Karya Gres (Musik, Film, Startup Dll)

Perkembangan dunia kreatif di kurun kini semakin pesat. Banyak sekali creativepreneur bermunculan dengan bermacam-macam karya, ada karya di bidang musik, film, literasi (penulisan), teknologi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya membuat karya / project bukanlah sesuatu yang sulit. Ada banyak karya yang ditelurkan creativepreneur - creativepreneur handal, dan kualitasnya pun cukup bagus. Sayangnya, banyak yang tidak tahu dengan mahakarya mereka karena ketidaktahuan masyarakat akan karya-karya tersebut. Kurangnya promosi menjadi alasannya yakni utama kenapa karya mereka tak kunjung 'melejit'.

Lantas, adakah cara untuk mempromosikan karya / project gres -- baik musik, film, literasi, dan lainnya?


 Perkembangan dunia kreatif di kurun kini semakin pesat Info Cara Mempromosikan Project / Karya Baru (Musik, Film, Startup dll)
Cara mempromosikan karya / project baru


Ada beberapa cara yang kami rekomendasikan buat kau yang masih belum maksimal dalam mempromosikan project / karya kamu. Lakukan cara-cara berikut ini, semoga promosi karya / project kau sanggup lebih efektif dan terarah.


1. Promosi melalui media sosial

Kemungkinan besar cara yang pertama ini sudah kau lakukan, namun tampaknya belum maksimal.

Kamu sanggup mempromosikan project / karya kau via media umum yang sedang populer, contohnya Facebook, Twitter, dan Instagram.

Promosi di media-media sosial di atas tak hanya sekedar share link di status Facebook, postingan video pendek di IG, atau share link di Twitter, melainkan kau harus sanggup memaksimalkan potensi dari media umum yang kau pergunakan.

Misalnya pada Facebook, kau tak hanya mempromosikan via status saja, kau juga sanggup mempromosikan projectmu di grup-grup Facebook yang relevan dengan project yang kau buat. Semakin relevan grup daerah kau berpromosi, semakin tertarget audiens yang didapat, dan tentunya akan semakin banyak orang yang ingin tau dengan karya kamu.

Selain mempromosikan di grup-grup yang relevan, kau juga perlu promosi berbayar (bila dirasa perlu). Adapun nama promosi berbayar di Facebook yakni FB Ads, di Instagram berjulukan IG Ads, dan di Twitter berjulukan Twitter Ads.

Untuk tutorial cara pasang iklan di FB Ads, IG Ads, atau Twitter Ads sanggup kau Googling sendiri, ya.


2. Promosi melalui lembaga online yang relevan

Ada banyak lembaga online yang tersedia di internet, menyerupai lembaga musisi, lembaga film maker, lembaga novelis, dan lainnya.

Kenapa kau tidak mencoba mempromosikan project / karyamu di sana?

Untuk mencari forum-forum yang relevan dengan projectmu, sanggup kau Googling sendiri.

Khusus untuk project di bidang musik, kami merekomendasikan kau untuk bergabung di Forum Art Sonica. Di lembaga tersebut jika tidak salah ada sub lembaga / room yang khusus untuk mempromosikan project / karya.


3. Promosi melalui Youtube atau situs mengembangkan karya lainnya

Di kurun yang penuh dengan kreativitas, siapa yang tak kenal dengan Youtube?

Ya, Youtube yakni situs yang paling direkomendasikan (dan paling populer), dalam hal mempromosikan karya / project, khususnya project di bidang musik dan film.

Seperti yang kita tahu, Youtube yakni situs mengembangkan video, jadi cocok untuk promosi karya film. Khusus untuk karya musik yang ingin 'di-Youtube-kan' tentu harus mempunyai aspek visual, yakni video klip. Dan kau memerlukan budget lebih untuk membuat video klip, semoga karya musikmu sanggup dibagikan via Youtube.

Lantas, bagaimana jika project musik tak mempunyai video klip? Apakah masih sanggup dipromosikan?

Jawabannya tentu saja BISA.

Ada beberapa situs sharing musik tanpa video, yang sanggup menjadi daerah yang sempurna untuk mempromosikan project musik / lagu ciptaan kau (atau grup band kamu). Adapun situs-situs yang dimaksud meliputi; Soundcloud, Reverbnation, Bandcamp, dan lain sebagainya.


4. Promosi melalui situs Selebshop.com

Selebshop.com yakni media online yang mempunyai bermacam-macam konten yang tidak jauh-jauh dari dunia hiburan. Di dalamnya juga ada konten inovatif, menyerupai rubrik fiksi, wawancara selebriti, dan bermacam-macam konten ihwal tips menjadi artis.

Kabar gembiranya, Selebshop membuka 'slot' untuk mempromosikan bakat baru dan juga untuk mempromosikan project / karya baru, dengan GRATIS (tanpa dipungut biaya).

Kaprikornus kau sanggup mempromosikan karya / projectmu, baik project musik / lagu, project film, project novel, atau project lainnya dengan gratis di situs ini.

Selengkapnya mengenai promosi project / karya secara gratis di Selebshop.com sanggup kau baca di:



 Perkembangan dunia kreatif di kurun kini semakin pesat Info Cara Mempromosikan Project / Karya Baru (Musik, Film, Startup dll)
Image via Pixabay


Baca juga:



Demikian klarifikasi mengenai tips dan cara mempromosikan project / karya di bidang musik, film, literasi, startup digital, dan karya kreatif lainnya khusus untuk kau yang mempunyai project / karya sendiri.

Ingat, sekedar membuat karya saja bukanlah goal yang sesungguhnya dalam dunia kreatif. Goal sesungguhnya dari project di dunia kreatif adalah, saat banyak orang yang mau menikmati dan mengapresiasi karya kamu. Untuk sanggup mewujudkannya, tentu promosi yang massiv dan kontinyu yakni hal yang wajib kau lakukan. (af)